Sabtu, 13 November 2010

capoeira

Diposting oleh ulfa izzati di 08.28
Capoeira adalah sebuah ilmu bela diri yang diciptakan oleh para budak-budak yang berasal dari afrika. Para budak-budak menciptakan capoeira bertujuan untuk sebagai ilmu bela diri untuk melawan para majikan yang sangat jahat terhadap mereka. Selain itu pula capoeira juga berkembang di brasil yang dibawa oleh para budak-budak yang pindah ke brasil. Di Indonesia yang pertama kali mengenal ilmu bela diri Capoeira adalah Yogyakarta.

capoeira ilmu bela diri yang dimainkan dengan gaya tarian dan lagu yang khas. Dibalik indahnya tarian dalam capoeira disitulah tersimpan keganasan capoeira. 3 unsur yang ada pada capoeira adalah tarian, musik, dan lagu. Setelah dilihat-lihat ilmu bela diri capoiera pada saat bertanding sebisa mungkin tidak mengenai sang lawan, melainkan mereka hanya bernari sambil mngulas senyum.

Sebelum pertandingan dimulai para pemain capoeira menyiapkan segala perlengkapan. Untuk alat musik biasanya mereka menggunakan gendang / tamborin (pandeiro) yang biasa dimainkan oleh masyarakat brasil pada umumnya. Setelah musik siap, para pemain biasanya membentuk lingkaran dan menyanyikan sebuah lagu, kemudian barulah satu persatu para pemain maju berdampingan. Mereka tidak terlihat saling menyakiti sati sama lain melainkan hanya bernari, berputar-putar seperti kepala terbalik kebawah.seperti dibawah ini:





Saya baru pertama kali mengenal ilmun bela diri capoeira pada saat saya menjalani
ospek di universitas gunadarma. Pada saat itu capoeira di perkenalkan oleh salah
satu mahasiswa gunadarma, keren banget dan saya suka banget. Merka bisa jungkir balik badan, kepala kebawah dan sebaliknya. sungguh indah ilmu capoeira tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CELOTEH ULFA Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos