Rabu, 30 November 2011

Gagasan Utama

Diposting oleh ulfa izzati di 05.12
A. Gagasan utama di awal kalimat

CREAM PEMUTIH

Cream pemutih tidak selalu dapat memutihkan tubuh. Cream pemutih tersebut bisa saja hanya memutihkan jika memang benar-benar bagus dan terjamin ke hebatanya untuk memutihkan semua bagian tubuh yang hitam. Dapat memutihkan dalam waktu 7 minggu, itu adalah bunyi slogan yang sering ditampilkan pada cream-cream yang membuat para konsumen ingin membelinya. Cream tersebut biasanya hanya membersihkan saja bukan membuat perubahan pada kulit yang hitam menjadi putih. Tetapi tetap saja banyak orang yang tertipu dengan cream-cream yang dijual dipasaran.

Mita seorang gadis remaja SMP yang ingin mengikuti pemilihan kontes PUTRI SALJU langsung membeli cream pemutih tersebut. Dengan hanya melihat slogan pada cream tersebut, dia langsung percaya bahwa cream tersebut dapat memutihkan tubuhnya yang tidak terlalu hitam. Tanpa seijin orang tua mita langsung membelinya di toko kosmetik.

Sepulang dari sekolah, mita langsung memakainya. Aturan yang tertera pada bagian belakang cream pemutih tersebut adalah cara pemakaiaannya yang harus dipakai sehari 2 kali, pada saat pagi hari sebelum beraktifitas dan pada malam hari sebelum tidur. Karena mita sangat ingin memiliki tubuh yang putih bersinar, mita memakainya hampir seluruh badannya. Itulah yang dilakukan mita menjelang audisi pemilihan putri salju yang diadakan disekolahnya tersebut.

Audisi pun dimulai,tidak terlihat sama sekali perubahan pada diri mita, slogan yang menjanjikan dapat membuat kulit tubuh memutih dalam waktu 7 hari tidak membuahkan hasil, malah yang terlihat perubahannya adalah bulu-bulu pada tangan mita yang
tampak berubah warna menjadi kepirang seperti orang bule.

Alhasil bukan putih yang diterima mita melainkan perubahan pada bulu-bulu ditangannya tersebut. Berkat perubahan yang terjadi pada bulu-bulu di tangannya membuat mita tidak lagi memakain cream tersebut dan membuangnya.



B. Gagasan utama di akhir kalimat

DAVID BECKHAM

Seorang pria yang sangat lihai sekali dalam permainan bola dan juga namanya sering disebut-sebut karena ketenarannya dalam bermain bola, kini hadir ke Indonesia untuk bertanding melawan TIMNAS U23 nanti.

Pria yang lahir di Leytonstone, London 2 Mei 1975 umur 36 tahun tersebut dikenal pernah bermain di Manchester United (MU) dan Real Madrid. Banyak sekali yang sangat menyukainya karena mahir dalam tendangan bebasnya. Bukan hanya orang tua dan dewasa saja yang kenal dengannya, melainkan anak kecil juga banyak yang mengenalnya bahkan sampai memiliki baju dengan bertuliskan nomor punggung dan nama pria tersebut. Pria yang terkenal dengan 100 kali goal dalam pertandingan sepak bola yang diikuti.

Ternyata bukan hanya para lelaki saja yang menyukai pria asli inggris tersebut, para wanita pun juga sangat menyukainya. Selain tampan dan juga sangat berbakat dalam permainan sepak bola.

Pada saat pria tersebut datang ke Indonesia segala persiapan penyambutan telah disediakan oleh Indonesia untuk menyambut pria tersebut bersama timnya yang akan melakukan pertandingan persahabatan bersama timnas u23 indonesia. Pertandingan tersebut berguna untuk melihat sejauh mana kehebatan timnas u23 indonesia dalam bermain bola. Rencananya acara pertandingan yang akan digelar pada hari Rabu 30/11 melalui stasiun televise yang akan disiarkan langsung dari tempat pertandingan.

Pada hari sebelum pertandingan tersebut dilaksanakan, pria tersebut dengan bersama timnya mereka tiba di indonesia yang langsung disambut hangat oleh masyarakat sekitar yang menyukainya dalam permainan bola. Pria tersebut bersama timnya menginap di hotel untuk menyambuta dan mempersiapkan pertandingan nanti. Pria tersebut terkenal dengan nama DAVID BECKHAM



C. Gagasan utama berada di awal dan akhir kalimat

GLOBAL WARMING (PEMANASAN GLOBAL)

GLOBAL WARMING (PEMANASAN GLOBAL) adalah suatu dampak pada perubahan yang dialami oleh alam. Pemanasan global biasanya mempengaruhi perubahan suhu pada bumi yang sekarang meningkat berkisar 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F). Meningkatnya suhu pada permukaan bumi biasanya disebabkan oleh kelalaiaan manusia juga.

Sikap manusia yang sering menyebabkan pemanasan global adalah sering memakai hairdryer pada salon-salon dan kehidupan sehari-hari karena panas yang sering dikeluarkannya. Selain itu juga efek rumah kaca yang menangkap panasnya bumi yang akan dipantulkan kembali ke angkasa luar, akibat gas rumah kaca yang membuat panas itu tetap di bumi.

Sebenarnya efek rumah kaca sangat dibutuhkan oleh bumi dikarenakan dapat menghangatkan bumi yang jika tidak ada efek tersebut malah akan membuat bumi dingin. Namun, jika berlebihan dapat menyebabkan pemanasan global.

Dari segi sosial, global warming dapat merupakan suatu bentuk yang dapat menimbulkan ketegangan-ketegangan sosial karena jika semakin meningkat malah akan membahayakan kehidupan dimuka bumi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CELOTEH ULFA Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos