Rabu, 25 April 2012

STARUML DAN DFD

Diposting oleh ulfa izzati di 09.00
1. Pengertian STARUML
UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa untuk menetukan, visualisasi, kontruksi, dan mendokumentasikan artifact (bagian dari informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses pembuatan perangkat lunak. Artifact dapat berupa model, deskripsi atau perangkat lunak) dari system perangkat lunak, seperti pada pemodelan bisnis dan system non perangkat lunak lainnya.

STARUML sering digunakan untuk membuat alur atau proses suatu prosedur program yang ingin dibuat dengan cara menggambarkan model perangkatnya. Didalam STARUML terdapat bagian-bagian utama dari UML yaitu view, diagram, model element, dan general mechanism. Selain itu juga terdapat diagram-diagram yg sering digunakan, yaitu :

a. Use case diagram
Use case diagram adalah abstraksi dari interaksi antara system dan actor. Dalam use case diagram ini menggunakan actor sebagai awal pemula dan seterusnya dilakukan dengan use case yang dapat diisi dengan proses-proses yang sedang dilakukan. use case diagram memfasilitasi komunikasi diantara analis dan pengguna serta antara analis dan client.


b. Class diagram
Class diagram digunakan untuk mengelompokkan hal-hal inti dari setiap proses yang ingin dilakukan. Semua proses di masukkan ke dalam tiap-tiap class dan saling dihubungkan pada class-class lainnya yang saling berhubungan.

c. Component diagram
Component software merupakan bagian fisik dari sebuah system, karena menetap di komputer tidak berada di benak para analis. Komponent merupakan implementasi software dari sebuah atau lebih class. Komponent dapat berupa source code, komponent biner, atau executable component.


d. Deployment diagram
Deployment menggambarkan software-software yang digunakan dalam membuat suatu program yang nanti dituliskan pada tiap-tiap node dan dihubungkan pada masing-masing node.


e. State diagram
Menggambarkan semua kondisi dari suatu object dari suatu class dan keadaan. Diawali dengan intialstate sebagai diawal dan diakhiri dengan finalstate. Stateclass hanya digambarkan untuk beberapa object saja.


f. Sequence diagram
Sequence diagram digunakan untuk menggambarkan menggunakan classifierrole untuk menentukan actor dan bagian-bagiannya menggunakan message untuk menyampaikan pesan.


g. Collaboration diagram
Collaboration diagram menggunakan object sebagai tempat pertukaran pesan dan dihubungkan dengan menggunakan forwardstimulus. Jika penekannya pada waktu atau urutan gunakansequencediagrams, tapi jika penekanannya pada konteks gunakan collaboration diagram.


h. Activity diagram
Menggambarkan alur dari aktifitas. Dideskripsikan menggunakan intialstate dan diakhiri menggunakan finalstate. Jika ada pilihan menggunakan synchronization.


2. Perbedaan antara STARUML dengan DFD
Perbedaannya adalah :

STARUML adalah Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.

Sedangkan DFD adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan sistem yang sedang berjalan logis.


sumber :
http://ariefikhwan.web.ugm.ac.id/?tag=pengertian-uml
http://id.wikipedia.org/wiki/Data_flow_diagram

0 komentar:

Posting Komentar

 

CELOTEH ULFA Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos