Rabu, 13 Juni 2012

Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi

Diposting oleh ulfa izzati di 07.33

   1. Analisa Dan Perancangan Berbasis Objek

Analisa dan perancangan berbasis objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata.  Dasar pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.
1.1  Konsep Dasar OOAD
Terdapat beberapa konsep dalam OOAD adalah :
-          Object (Objek)
Objek adalah benda secara fisik dan konseptual yang ada di sekitar kita. Sebuah objek memiliki keadaan sesaat yang disebut state.
-          Class (Kelas)
Class adalah himpunan objek yang sejenis yaitu mempunyai sifat (atribut), perilaku umum (operasi), relasi umum dengan objek lain dan semantik umum. Class adalah abstraksi dari objek dalam dunia nyata
-          Black Boxes (Kotak Hitam)
Sebuah objek adalah kotak hitam. Konsep ini menjadi dasar implementasi objek. Dalam operasi OO hanya developer yang dapat memahami detail proses yang ada didalam kotak tersebut, sedangkan user tidak perlu mengetahui apa yang dilakukan yang penting mereka dapat menggunakan objek untuk memproses kebutuhan mereka.
-          Asosiasi dan Agregasi
a.       Asosiasi adalah hubungan yang mempunyai makna antara sejumlah objek.
b.      Agregasi adalah bentuk khusus sebuah asosiasi yang menggambarkan seluruh bagian pada suatu objek merupakan bagian dari objek yang lain.
  2. Perbedaan analisa berbasis objek dan yang terstruktur

Terdapat beberapa pendekatan untuk mengembangkan sistem, salah satunya yaitu dengan melakukan pendekatan sistem secara terstuktur dan berorientasi objek. Pendekatan terstruktur adalah metode perkembangan sistem dengan menyediakan sistem tambahan yang berupa alat - alat dan teknik - teknik untuk mengembangkan sistem disamping tetap mengikuti ide dari system life cycle.
Sedangkan pendekatan berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.


sumber :
http://saiiamilla.wordpress.com/2010/06/04/ooad-object-oriented-analysis-dan-design/
http://panksgatsred.blogspot.com/2011/11/perbedaan-pendekatan-perancangan-sistem.html



0 komentar:

Posting Komentar

 

CELOTEH ULFA Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos