Senin, 04 Juni 2012

REOG PONOROGO

Diposting oleh ulfa izzati di 08.36
Tahu kah kamu tentang REOG PONOROGO ? kalau tidak tahu yuk kita bahas sekilas tentang REOG PONOROGO

Dalam pementasan seni REOG ponorogo biasa terdapat beberapa peralatan tari dan tokoh-tokoh yang sering digunakan, contohnya :

1. Alat musik

Dalam pementasan tari REOG tak luput juga dengan berbagai macam alat musik. Beberapa alat musik yang sempat saya lihat adalah angklung dan gong besar untuk mengiringi para penari reog tersebut.


2. Barongan (Dadak Merak)

Topeng besar yang sering digunakan paling utama atau sebagai ciri khas dari reog adalah barongan yang terdiri dari kepala harimau(caplokan), bambu, rotan ditutupi dengan kulit harimau gembong, dadak merak, kerangka terbuat dari bambu dan ritan sebagai tempat menata bulu merak. Untuk tempat menulis nama dari reog tersebut adalah krakap dan berat dari barongan ini mencapai 50 kilogram.


3. Bujang Ganong (Ganongan)

Bujang Ganong adalah salah satu tokoh yang kocak dan mempunyai keahlihan bela diri. Biasanya yang paling sering ditunggu-tunggu oleh para penonton.


4. Jathil

Jathil merupakan prajurit berkuda. Jathilan ini merupakan tarian yang menggambarkan ketangkasan prajurit berkuda. Biasanya jathil selalu tampil paling awal.





Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Reog_(Ponorogo)

0 komentar:

Posting Komentar

 

CELOTEH ULFA Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos