Jumat, 29 Juni 2012

Macam-macam Saus

Diposting oleh ulfa izzati di 09.31

   A.     Saus Tabasco

Sejarah saus Tabasco dimulai pada tahun 1840 ketika Edmund McIlhenny pindah ke Louisiana. McIlhenny pertama kali menanam cabai Tabasco untuk saus produksi pada tahun 1868, setelah panen hasilnya dibuat saus dan pertama kali dipasarkan pada tahun 1869.
Saus Tabasco pertama kali dipasarkan di pasarkan di kota-kota di daerah selatan Amerika Serikat, terutama di New Orleans. Pada pertengahan decade 1870-an, sausnya sudah dipasarkan di sebagian besar kota-kota.


   
   B.     Saus Tiram

Masyarakat provinsi Guangdong di Tiongkok mempunyai tradisi membuat tiram kering dari tiram yang dijemur setelah direbus dengan air garam. Lee Kam Sheung dari desa Nam Shui di provinsi Guangdong membuat saus dari air rebusan dan dikentalkan dengan tambahan gula dan bahan lain.


  
   C.     Saus Tartar

Nama saus tartar diambil dari nama suku Tartar dari Mongolia karena tekstur saus yang tidak mulus. Saus tartar konon sudah ada sejak zaman Napoleon Bonaparte. Pemilik tempat minum-minum mencampurkan segala macam bahan ke dalam saus.


   
  
   D.     Saus XO

Pada tahun 1980-an, juru masak di Hong Kong sering memasukkan unsur-unsur masakan Barat. Nama saus XO diambil dari minuman konyak jenis X.O. (extra old). Konyak X.O. populer di Hong Kong, dan merupakan barang mewah bagi penduduk Hong Kong. Istilah “XO” lalu sering digunakan di Hong Kong untuk menunjukkan produk berkualitas baik. Saus ini menggunakan nama XO agar terkesan mewah, dan kemasannya juga banyak meniru kemasan konyak XO.






sumber :
http://ciluk-ba.com/sejarah-penemuan-berbagai-macam-saus-27739/

0 komentar:

Posting Komentar

 

CELOTEH ULFA Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos